Rabu, 11 November 2009

Prospek Agrobisnis

Negara kita adalah negara tropis yang memiliki dua musim, yakni musim kemarau dan musim hujan, merupakan daerah yang cocok untuk usaha di bidang pertanian dan peternakan atau yang biasa disebut usaha agrobisnis.

Bertani dan beternak merupakan warisan budaya nenek moyang kita yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Sejak dahulu kala nenek moyang kita sudah mengenal budaya bertani dan beternak, Karena bertani dan beternak merupakan mata pencaharian yang dilakukan nenek moyang kita sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan hidup , dan sebagian besar penduduk kita menggantungkan hidup dari usaha bertani dan beternak , sehingga bangsa kita terkenal dengan bangsa petani yang mayoritas penduduknya hidup dari usaha bertani dan beternak ( agrobisnis ).

Seiring dengan pesatnya kemajuan zaman, usaha bertani dan beternak banyak ditinggalkan sebagian besar generasi kita.
Karena beranggapan kuno, kampungan, ketinggalan zaman,kurang prospektif, tidak menguntungkan serta menghasilkan dibandingkan dengan usaha atau kerja di bidang yang lainnya.

Jelas pandangan seperti ini merupakan pandangan yang salah dan keliru, karena usaha di bidang pertanian dan peternakan jauh lebih menguntungkan dan prospektif dibandingkan dengan usaha-usaha atau kerja di bidang yang lainnya.
Berikut ini beberapa alasan yang melatarbelakangi :

1. Porduk-produk komoditi usaha pertanian dan peternakan merupakan kebutuhan pokok baik konsumsi ataupun bahan baku industri

2. Bertambahnya penduduk atau pesatnya laju pertumbuhan penduduk berdampak pada banyaknya permintaan dan kebutuhan akan produk-produk pertanian dan peternakan.

3. Pesatnya laju pertumbuhan penduduk akan berdampak pada sempitnya dan berkurangnya lahan, yang berakibat pada berkurangnya hasil-hasil dari produk pertanian dan peternakan, sehingga kurang terpenuhinya antara kebutuhan dan permintaan dengan pemenuhan kebutuhan dan jumlah produk yang ada. Hingga akan berdampak pada hukum pasar.

4. Kondisi alam yang kurang menentu seperti bencana alam, banjir, kekeringan, longsor dan lain-lainnya berdampak pada berkurangnya produk-produk baik pertanian atau peternakan karena hasil yang kurang maksimal atau gagal panen. Hal ini berakibat pada kurangnya pasokan atau tidak tercukupinya kebutuhan yang ada.

Itulah beberapa alasan yang melatarbelakangi mengapa usaha dibidang pertanian dan peternakan ( agrobisnis ) jauh lebih menguntungkan dan prospektif dibandingkan dengan usaha-usaha dibidang lainnya.

Orang bijak bilang : " Kalau kita belum bisa dan belum mampu membuat atau menjual barang-narang elektronik, mobil, dan alat-alat tehnologi maju lainnya mengapa kita tidak mencoba membuat dan menjual produk-produk pertanian dan peternakan ( agrobisnis ) yang bisa kita lakukan jika itu lebih menguntungkan ".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar